Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno, memberikan tips menjadi pengusaha yang sukses di masa kini dengan “FAST” saat menghadiri pelatihan digital marketing di Universitas Khairun Ternate.
Istilah tersebut dibahas ketika ada salah satu peserta pelatihan yang mengajukan pertanyaan kepada Sandiaga Uno. Pertanyaan tersebut tentang penampilan produk yang sangat menarik ketika dijual secara online, namun tidak sesuai dengan aslinya. Fenomena ini banyak mengakibatkan permasalahan bagi konsumen.
“Konsep dari digital marketing sebenarnya kembali kepada konsep yang saya sebut FAST. F untuk Fathonah (cerdas), A untuk Amanah, S dari Siddiq (jujur), dan T untuk Tabligh (benar),” Kata Sandiaga di Gedung Rektorat Universitas Khairun Ternate hari Kamis, 16 Juni 2022.
Adapun untuk hal lainnya, lanjut Sandiaga, peserta tidak perlu khawatir jika produk mereka mendapatkan kritik dari konsumen. Menurutnya, kritik tersebut merupakan masukan yang dapat membantu peserta dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan unggul.
“Kalau produk kita dikritik, alhamdulillah, artinya orang peduli dengan produk kita. Tidak perlu diblokir, jangan dibully, justru harus jadi masukan buat kita,” jelasnya.
Lebih lanjut lagi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengajak para peserta terus menggali potensi ekonomi kreatif di Provinsi Maluku Utara agar tidak selalu mengandalkan kekayaan alam.
Tujuannya agar peluang lapangan pekerjaan terus bertambah dan ekonomi Indonesia ikut meningkat.
“Maluku Utara memiliki kekayaan alam yang luar biasa namun itu ada habisnya. Jadi kita harus banyak melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif yang sumber dayanya tidak akan pernah habis, yakni kreativitas dan imajinasi kita,” terangnya
“Jadilah agen perubahan, jangan jadi kaum rebahan karena kesempatan ada di depan mata kita,” tutupnya
Pelatihan ini terselenggara berkat kolaborasi antara Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf), Universitas Khairun Ternate, dan Yayasan Indonesia Setara.