Pernahkah Anda mengalami kejadian tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu? Apakah Anda sering merasa kehabisan waktu, sementara tumpukan pekerjaan semakin banyak? Atau pernahkah Anda sudah menyelesaikan pekerjaan, namun saat menyerahkan pekerjaan, Anda malah diminta revisi?
Ketika mengalami semua hal tersebut, wajar jika Anda merasa kesal. Tetapi di sisi lain, Anda sebaiknya memanfaatkan peristiwa tersebut untuk mengambil kesempatan untuk belajar dari kesalahan, melakukan perbaikan, kemudian mencoba menerapkan strategi bekerja produktif dan efisien. Pertanyaannya, bagaimana cara bekerja produktif dan efisien?
Maintain Simplicity
Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar bisa bekerja produktif dan efisien, Anda perlu memiliki cara berpikir sistematis dan membuat semuanya sederhana dan anti ribet. Jika otomatisasi pekerjaan bisa dilakukan dan membuat penyelesaian pekerjaan lebih cepat dan praktis, maka lakukan cara ini alih-alih menggunakan cara manual.
Sementara untuk pekerjaan besar atau project tertentu dengan scope of work (SOW) yang lebih detail, sederhanakan dulu menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian baru selesaikan satu bagian demi satu bagian hingga selesai. Ini bisa menjadi tips menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.
Menerima Perubahan
Perubahan dalam pekerjaan adalah hal yang tidak diketahui secara pasti kapan akan terjadi. Yang jelas, perubahan akan selalu ada mengikuti tren yang sedang berlangsung. Banyak orang cenderung tidak menyukai perubahan karena sudah terlalu lama berada di zona nyaman.
Namun jika Anda memiliki pola pikir yang berkembang, Anda akan menyikapi perubahan dengan lebih bijaksana, bisa melihat berbagai peluang baru yang layak dicoba, dan akan segera mengatur strategi terbaik dalam menjawab tantangan yang ada.