Marketnesia.id – Di era digitalisasi sekarang ini, digital marketing menjadi salah satu faktor penunjang dalam perkembangan bisnis. Dari miliaran manusia yang hidup, 70 persen menggunakan layanan media sosial. Salah satunya adalah Instagram, dan melalui media tersebut, merek atau suatu bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.
Dengan audiens iklan lebih dari 1,16 miliar orang, Instagram menawarkan jangkauan dramatis untuk semua merek. Jangkauan bisnis melalui Instagram jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan layanan google di blog atau website. Sepenuhnya 90 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu bisnis.
Lebih dari 36 persen pembuat keputusan B2B menggunakan Instagram saat meneliti produk atau layanan baru. Pemasaran atau digital marketing Instagram ini akan membantu meningkatkan strategi Instagram Anda, baik Anda baru memulai atau sudah menjadi profesional dan berpengalaman.
Siapkan akun bisnis Instagram
Sebelum memulai pemasaran Instagram, Anda memerlukan akun Instagram Business atau akun Instagram Creator. Jika Anda melewatkan banyak pelanggan dan berencana untuk mempelajari pemasaran Instagram lainnya saat menggunakan akun pribadi, inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan kembali.
Akun kreator memiliki serangkaian manfaat tersendiri bagi influencer dan pembuat konten. Tetapi bagi sebagian besar pemasar, akun bisnis adalah tempatnya. Segera ubah akun Anda menjadi lebih profesional jika Anda belum melakukannya.
Tentukan dengan jelas tujuan Anda
Semua platform sosial media adalah alat. Menentukan tujuan untuk bisnis sangat penting bagi kemajuan bisnis Anda. Pemasaran Instagram dapat berarti hal yang berbeda bagi pemasar yang berbeda.
Anda bahkan mungkin ingin menggabungkan beberapa hasil yang berbeda. Tetapi kecuali Anda tahu di mana Anda ingin strategi Instagram membawa Anda, Anda tidak mungkin sampai di sana. Instagram memiliki seluruh persiapan tentang penetapan tujuan untuk membantu Anda memutuskan apa yang paling penting bagi bisnis.
Kenali audiens
Sedikit riset pendahuluan dapat membantu Anda mengetahui siapa yang paling bisa Anda jangkau saat Anda memikirkan cara memasarkan di Instagram.
Menjangkau anak muda usia 20-an di kota yang penuh dengan digitalisasi lebih mudah. Sebaliknya, Anda perlu menentukan target pasar Anda sehingga dapat membuat konten yang berbicara langsung kepada audiens tersebut. Ini juga akan menjadi penting ketika tiba saatnya untuk memilih opsi penargetan untuk iklan Instagram Anda.
Optimalkan profil
Profil atau Bio Instagram Anda perlu membuat kesan pertama yang baik, menyampaikan kepribadian merek Anda, dan memberi tahu orang-orang mengapa mereka harus repot-repot mengikuti akun Instagram Anda. Itu banyak untuk ditanyakan dari ruang kecil. Untungnya, Anda juga mendapatkan beberapa bidang lain di profil Instagram Anda untuk menunjukkan tentang merek Anda dan memudahkan orang menemukan Anda.
Manfaatkan semua bidang yang ditawarkan profil Instagram. Semua selebgram atau influencer Instagram memiliki profil yang unik dan berbeda dari yang lain. Konsep mereka sesuai dengan isi konten yang disampaikan kepada audiens.
Buat konten yang menarik secara visual
Instagram adalah media visual, jadi postingan Anda harus terlihat bagus. Anda tidak memerlukan peralatan fotografi profesional, tetapi foto dan video Anda harus tajam, pencahayaan yang baik, komposisi yang baik, dan fokus, minimal. Jika Anda menggunakan gambar selain foto, seperti infografis atau animasi, pastikan gambarnya tajam, jelas, mudah dibaca, dan menarik perhatian.
Lebih penting lagi, konten visual Anda harus menarik. Foto yang bagus memang bagus, tetapi jika tidak menceritakan sebuah kisah, atau membuat pemirsa bersemangat, mereka tidak akan melibatkan pengikut.
Tetapkan “tampilan” merek di Instagram
Tampilan pada Instagram bisnis harus benar benar utuh sesuai dengan konsep Anda di awal. Merek yang unik dan berbeda dari yang lain akan memberikan kesan terbaik bagi pelanggan. Tentu saja bisa menambah nilai dari merek Anda.
Menentukan warna dan konsep apa yang akan digunakan sebagai tampilan pada foto atau video di Instagram ini sangat penting. Jangan beralih ke cara lain, sebelum menyelesaikan proses ini.
Cobalah bekerjasama dengan influencer
Mempekerjakan selebgram atau influencer akan menambang aset harian Anda. Perlu diketahui, Anda perlu menggunakan jasa selebgram yang memiliki engagement tinggi di akun Instagramnya.
Salah satu cara mudah untuk memulai pemasaran influencer di Instagram adalah dengan mengadakan pengambilalihan Instagram. Ini berarti Anda mengundang influencer untuk mengambil alih akun Instagram Anda selama jangka waktu tertentu, seperti akhir pekan, atau untuk acara khusus.