PT. Pertamina (Persero) mengadakan kegiatan Marketing Live Competition untuk meningkatkan promosi produk UMKM lewat TikTok, Instagram, serta marketplace.
Heppy Wulansari selaku PJs. VP Corporate Communication Pertamina mengungkapkan bahwa kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 15 Juni sampai 15 Juni 2022 dan ditujukan untuk semua mitra binaan Pertamina serta UMKM bukan binaan perseroan.
“Para Mitra Binaan Pertamina harus menyertakan kode mitra dan juga nama usaha mereka,” lanjut Heppy dalam keterangan resminya pada Minggu (12 Juni) kemarin.
Sementara untuk UMKM yang ingin ambil bagian dalam kegiatan ini wajib mengikuti akun instagram @gen_umkm dan meng-capture live yang peserta lakukan dengan viewers terbanyak untuk proses verifikasi.
Hasil tersebut kemudian diunggah ke Instagram dan men-tag akun @gen_umkm sambil menambahkan hashtag #GenLiveCompetition di caption-nya.
Untuk kriteria pemenang adalah peserta dengan jumlah viewers dan juga penjualan terbanyak saat live berdurasi 1 jam.
Ada hadiah jutaan rupiah untuk enam pemenang dari masing-masing kategori, umum, dan juga Mitra Binaan.
Heppy mengapresiasi penuh kegiatan ini guna membangkitkan semangat UMKM saat proses peralihan pandemi menuju endemi COVID-19.
“Di dalam konten daring, kalimat pertama harus menarik perhatian yang tidak secara langsung menuju produk tapi fokus pada ‘keuntungan’ yang diperoleh calon pembeli,” lanjutnya.
Heppy menambahkan, digitalisasi UMKM membuat produk UMKM jadi lebih dikenal oleh konsumen karena kemudahan sistem pemasaran digital.
Oleh karena itu, UMKM yang ingin merintis bisnis tidak perlu takut kalah bersaing dengan pengusaha besar lainnya. “Sekarang ini kunci sukses agar produk UMKM lebih dikenal adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial, website, dan e-commerce secara rajin,” tutup Heppy.